Teknik Elektro


S1 TEKNIK ELEKTRO TELKOM UNIVERSITY  
Informasi Umum
Program Studi S1 Teknik Elektro terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2249/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga  tanggal 13 Oktober 2021.
Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro dirancang dengan total beban 144 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.
Vision & Mission
Visi, Misi, dan Tujuan Prodi S1-TE dimuat di surat keputusan Senat FTE No. KS. 001/UPR1/TE-DEK/2014 yaitu:
VISI:
“Menjadi program studi berstandar internasional dan menghasilkan sarjana berkeahlian Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika”.
Berikut ini adalah penjelasan dari visi Prodi S1-TE:
Berstandar internasional berarti bahwa kompetensi lulusan adalah hasil proses sistematis berdasarkan kurikulum yang disusun dengan mengacu ke badan akreditasi dan profesional internasional; selain itu, juga berarti bahwa para dosen mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal dan konferensi internasional yang bereputasi,
Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika yang dimaksud adalah bidang keahlian seperti yang dinyatakan dalam kriteria akreditasi dari ABET untuk program rekayasa dan teknologi rekayasa,
Visi ini akan dicapai pada tahun 2018.
MISI:
Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika;
Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika yang diakui secara internasional dengan melibatkan mahasiswa secara aktif;
Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa.
TUJUAN:
Tercapainya kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan melalui:
Program studi yang berstandar internasional;
Lulusan yang memiliki integritas, kompetensi, dan daya saing nasional dan internasional;
Budaya riset, atmosfer akademik lintas budaya, dan jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas akademika;
Karya penelitian dan produk inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi nasional;
Peran aktif program studi dalam tata kelola fakultas dan universitas serta dalam tata kelola pendidikan tinggi di tingkat nasional maupun internasional.
Description of Program
Sebagaimana yang dijelaskan di visi dan misi Prodi S1-TE, bidang yang ditawarkan adalah Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika. Dibanding prodi-prodi lain di bawah naungan Fakultas Teknik Elektro Tel-U, kajian dititikberatkan agar mahasiswa atau lulusan Prodi S1-TE:
  • Mampu merancang, membangun, dan mengintegrasikan aplikasi perangkat keras berbasis Programmable Device (Misal: Mikrokontroller, PLC, atau FPGA),
  • Mampu melakukan akuisisi dan pengolahan sinyal (elektrik, biologis, dan fenomena fisis),
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan komunikasi antar perangkat keras elektronik, dan
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan algoritma kendali modern ke dalam sistem elektro-mekanik, sistem otomatisasi, atau robotik
Keunggulan Prodi S1-TE Tel-U dibanding Prodi Teknik Elektro di universitas-univarsitas lain antara lain:
Unggul dalam penerapan dan pengembangan TIK,
Memiliki banyak konsentrasi keahlian (Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika), dan
Memiliki kerjasama dengan inkubator industri (Bandung Techno Park).
Learning Outcome
PROGRAM STUDI : S1 TEKNIK ELEKTRO
SIKAP (SK)
1.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk berinteraksi, bekerjasama dan berfungsi efektif di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
2.     Para lulusan memiliki etika dan tanggung jawab profesi dan sosial sebagai seorang Sarjana Teknik Elektro.
3.     Para lulusan mempunyai kesadaran untuk selalu belajar seumur hidup, dan bersifat terbuka terhadap perkembangan yang ada.
4.     Para lulusan mempunyai semangat dan kemampuan Enterpreneurships baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)
1.     Para lulusan memiliki wawasan terhadap/ tentang pengetahuan umum yang diperlukan untuk mengerti pengaruh solusi rekayasa dalam konteks sosial maupunkonteks global.
2.     Para lulusan memiliki wawasan terhadap perkembangan teknologi terkini dalam bidang keahlian Sistem Elektronika, Kontrol, Elektromedis, dan teknologi pendukungnya terutama ICT.
3.     Para lulusan menguasai pengetahuan dasar matematika dan sains yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah melalui pendekatan keelektroteknikan.
KETERAMPILAN UMUM (KU)
1.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi ilmiah dan sosial secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis, di forum ilmiah serta di dalam profesinya.
2.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan menyelesaikan masalah secara sistematis.
3.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, melakukan analisis, dan interpretasi data dan menggunakan hasilnya untuk memperbaiki proses.
4.     Para lulusan memiliki kemampuan dalam membaca karya ilmiah, berbicara dan menulis laporan teknis serta laporan karya ilmiah dalam bahasa Inggris.
5.     Para lulusan mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak dasar secara tepat guna.
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
1.     Para lulusan mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan dalam bidang Sistem Elektronika, Kontrol, dan Elektromedis.
2.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk melakukan perancangan, implementasi, dan verifikasi Sistem Elektronika, Kontrol, dan Elektromedis sesuai kebutuhan/spesifikasi.
3.     Para lulusan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan menyelesaikan masalah rekayasa di bidang Sistem Elektronika, Kontrol, dan Elektromedis dengan menganut kaidah-kaidah ilmiah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ABOUT ME

Teknologi

Lika-Liku di Asrama Tel-U